Ads 468x60px

-

Thursday, 15 September 2011

Bentuk Dan Jenis Buah dada

Payudara

Payudara (Latin: mamma) adalah organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia.

Fungsi

Menyusui

Fungsi utama dari kelenjar susu adalah memberikan nutrisi dalam bentuk air susu bagi bayi atau balita. Proses pemberian air susu ini dinamakan menyusui. Meskipun kelenjar yang menghasilkan air susu juga terdapat pada pria, normalnya kelenjar susu tersebut tetap tidak berkembang sempurna.

Peranan seksual

Payudara memegang peranan penting dalam kebiasaan seksual manusia. Payudara merupakan salah satu karakteristik seks sekunder dan memegang peranan penting dalam daya tarik seksual pada partnernya, dan kesenangan individual. Payudara juga merupakan bagian tubuh wanita yang paling lama dilihat oleh lawan jenisnya.

Payudara juga merupakan daya tarik seksual seorang wanita. Bila wanita memiliki payudara seksi dan indah, tentunya mereka akan bangga. Payudara juga menjadi daya tarik seksual laki-laki yang melihat bentuknya (sex appeal). Maka, penting sekali untuk merawat keindahan payudara.

Fungsi lain

Para ahli menyatakan bahwa tidak ada payudara pada makhluk hidup lain yang berjenis kelamin betina selain pada manusia yang memiliki besar yang bervariasi, relatif terhadap seluruh bagian tubuh, ketika tidak menyusui manusia adalah satu-satunya primata yang memiliki payudara yang menggelembung setiap saat. Hal ini mengindikasikan bahwa bentuk luar dari payudara terhubung dengan faktor-faktor lain selain menyusui. Sebuah teori didasarkan pada sebuah fakta bahwa tidak seperti hampir semua primata, manusia yang berjenis kelamin perempuan tidak memberikan pandangan fisik yang jelas atas terjadinya ovulasi. Ini dapat berakibat secara perlahan pada manusia yang berjenis kelamin pria untuk berevolusi demi merespon tanda-tanda yang lebih jelas terhadap adanya ovulasi.

Jenis - Jenis Payudara




http://3.bp.blogspot.com/_wuah6r9EAoc/TQ0SEW_tFuI/AAAAAAAABZ8/7sSKnyTY9jA/s1600/bentuk_payudara_new_small.jpg



Tips Merawat Payudara dengan Baik dan Aman
 
Payudara merupakan salah satu mahkota bagi sebagian besar wanita didunia ini. Memiliki bentuk payudara yang indah sudah jadi dambaan dan keinginan setiap kaum wanita. Tetapi seringkali kita kurang memperhatikan untuk merawatnya. Merawat payudara dapat kita lakukan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh. Antara lain siapkan handuk yang sudah direndam air hangat, minyak bulus, kapas basah, masker payudara, air mawar, air hangat, es, dan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Mulailah dengan berbaring dalam posisi terlentang, bersihkan payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat.

Mengusap dengan lembut kulit payudra dengan handuk tersebut, lalu keringkan.
Oleskan minyak bulus, lalu pijat-pijatlah payudara dengan lembut selama 10-15 menit.
Bersihkan kembali payudara dengan handuk basah, lalu keringkan. Tutup puting susu dengan kapas basah.
Setela itu campurkan masker dengan air mawar, kemudian oleskan secara merata pada payudara dengan menggunakan kuas.
Bialkan selama 10-15 menit atau sampai masker kering.
Selanjutnya bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, lalu kompres dengan es. tepuk-tepuklah payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Banyak orang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit dan berisiko tinggi untuk mendapatkan payudara yang lebih indah.
Dengan silikon misalnya. Padahal ada cara yang lebih mudah dan murah untuk mendapatkannya, tanpa perlu operasi dan bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Ingin tahu caranya? Ikuti enam gerakan berikut.

Gerakan 1

   1. Kedua tangan saling memegang di depan dada. Tangan kiri memegang lengan tepat di bawah siku kanan.
       Sedangkan tangan kanan juga memegang lengan tepat di bawah siku kiri, sehingga terbentuk segi empat.
   2. Dorong pergelangan tangan kanan ke arah kiri, dan pergelangan tangan kiri didorong ke kanan secara bersamaan hingga otot payudara terasa bergerak.
   3. Lakukan 3×8 hitungan.

Gerakan 2

   1. Rentangkan kedua tangan ke depan, tekuk siku dengan telapak tangan mengepal.
   2. Gerakkan tangan ke atas dan bawah, ke arah dalam, secara bergantian antara kiri dan kanan, tanpa saling bersentuhan satu sama lain,
        sampai payudara terasa naik turun.
   3. Lakukan 3×8 hitungan.

Gerakan 3

   1. Rentangkan kedua tangan ke depan, tekuk siku dengan telapak tangan mengepal.
   2. Angkat kedua tangan ke atas sampai otot payudara terasa tertarik.
   3. Lakukan 3×8 hitungan.

Gerakan 4

   1. Tangan kanan ke atas dan tangan kiri di pinggang.
   2. Tarik tangan kanan ke belakang hingga payudara terasa tertarik.
   3. Lakukan 3×8 hitungan.
   4. Lakukan pada tangan lainnya.

Gerakan 5

   1. Angkat tangan ke atas dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas, putar ke arah depan dan angkat kembali kedua tangan sampai lengan atas bagian dalam menyentuh payudara. Jadi mengangkat payudara dari bawah.
   2. Lakukan 3×8 hitungan.

Gerakan 6

   1. Kedua tangan di samping.
   2. Tarik tangan ke belakang sejauh mungkin sampai payudara terasa terangkat.
   3. Lakukan 3×8 hitungan.

Tips

  1. Gerakan-gerakan ini bisa dilakukan pada posisi berdiri maupun duduk.
   2. Setiap latihan, posisi tubuh dalam keadaan tegak dan perut ditarik ke dalam.
   3. Selingi dengan istirahat sekitar 10 menit.
   4. Hindari kebiasaan yang membuat payudara terlihat turun, seperti membungkukkan badan.


Tips Mengencangkan Payudara

Siapa yang tidak ingin memilik payudara yang indah, kencang dan montok? Setiap wanita pasti menginginkannya.  Saya punya tips menarik agar payudara kencang kembali seperti masih gadis. Berikut tipsnya :


1. Hal yang pertama dilakukan adalah aturlah posisi tidur Anda. Jangan biarkan tidur tengkurang, karena posisi tidur seperti ini akan menekan payudara selama berjam-jam. Sebaiknya pilihlah tidur dengan posisi terlentang atau miring.


2. Oleskan secara teratur kondisioner yang mengandung pelembab, seperti
shea butter atau minyak vitamin E untuk menjaga kekenyalan dan elasisitas kulit payudara.  Krim ini akan meresap sempurna ke kulit payudara, membantu penampilan payudara tetap terlihat awet muda.

3.  Campurkan 1 sendok teh minyak vitamin E (dapat diperoleh dengan memecahkan 1 butir vitamin E) dengan 1 sendok makan yogurt dan sebutir telur. Gunakan ramuan tersebut untuk memijat payudara dengan gerakan memutar. Lalu kenakan bra selama 20 menit. Kemudian basuh dengan air hangat.


4. Giling 1 buah mentimun ukuran besar ke dalam food blender, krim
cake berlemak tinggi dan 1 butir telur (putihnya saja). Oleskan ke payudara. Jangan lakukan jika payudara sedang luka. Lalu basuh dengan air hangat.

5. Ambil 2
ice cube.  Tempelkan pada payudara dengan gerakan memutar setengah lingkaran.  Jangan lakukan lebih dari 1 menit. Ini beraksi untuk pembentuk jaringan di bawah kulit.

6. Lakukan
push up sedikitnya 3-4 kali dalam 1 minggu. Lakukan 10 kali push up dalam 4 set.

Setiap wanita ingin selalu terlihat cantik, seksi dan lebih berisi. Karenanya banyak wanita yang kadang merasa nyaman memakai bra yang ngepas bahkan cenderung sempit agar payudara terkesan  lebih menonjol dan padat berisi. Waspadai tampil modis yang mengandung resiko bahkan berbahaya ini.


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara, diantaranya sbb:


1. Rutin melakukan pemeriksaan Payudara sendiri (setelah menstruasi setiap bulannya).


2. Hindari penggunaan Bra yang ketat dan terlalu lama, karena membuat peredaran darah tidak lancar.


3. Jangan memakai Bra lebih dari 12 jam per hari.


4. Sebelum tidur sebaiknya melepas  bra guna melancarkan peredaran darah dan melindungi struktur jaringan sel pada payudara.


5. Pola hidup sehat dengan tidak merokok, dan berolahraga payudara secara teratur.


Demikian tips kali ini
moga bisa berguna buat para wanita  indonesia.

7. Bengkokkan kedua tangan di depan dada. Posisi seperti Anda sedang berdoa. Lalu tekan-tekan kedua tangan. Rasakan bagaimana otot dada Anda akan meregang pada saat Anda kedua telapak tangan Anda saling menekan. Ini bisa dilakukan di mana saja.


8. Ambillah 2 buah
dumbell. Masing-masing tangan memegang satu buah dumbell. Berbaringlah, sambil meletakan kedua tangan ke samping sampai bahu. Angkat tangan Anda ke depan dada Anda sambil memgang dumbell. Lakukan berulang-ulang.

9. Latihan yang baik untuk mengencangkan payudara adalah dengan berenang.


10. Gunakan bra yang tepat.  Kadang kita menggunakan bra yang salah sehingga bukannya mengangkat payudara, malah membiarkan pyudara menggantung. Spor bra juga bisa dipakai  jika payudara anda tergolong sedang.



Beberapa tips perawatan payudara selama kehamilan:


Perawatan payudara selama kehamilan anda adalah salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya.  Saat kehamilan payudara akan membesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitive.  Semua ini terjadi untuk persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya kelak.    

    * Bila BH anda sudah mulai terasa sempit, sebaiknya mengantinya dengan bh yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara anda.
    * Bila anda berencana untuk menyusui anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda.  Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ayudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).
    * Persiapkan putting susu anda.  Dengan lembut putar putting antara telunjuk dan ibu jari anda sekitar 10 detik sewaktu anda mandi.  Jika anda mendapatkan kesulitan atau puting susu anda rata atau masuk kedalam, konsultasikan ke dokter anda, sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.
    * Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu, anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari putting). Untuk membantu membuka saluran susu.
    * Bersihkan payudara dan puting, jangan mengunakan sabun didaerah putting dapat menyebabkan daerah tersebut kering.  Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...